Minggu, 31 Oktober 2010

LAYANAN UNIVERSITAS GUNADARMA

BAAK Online UG

Situs Biro Admistrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) sebagai suatu informasi layaknya majalah dinding online bagi mahasiswa dan juga staff UG.
Informasi tersebut meliputi :
1. Kalendar Akademik yang dapat didownload oleh mahasiswa
2. Daftar Kuliah yang dapat dicari berdasarkan kelas ataupun nama dosen
3. Daftar Ujian baik Ujian Tengah Semester, Ujian Akhir dan Ujian Utama
4. Daftar MaraKUliah per program studi yang dapat didownload oleh mahasiswa
5. Pengurusan ujian Bentrok yang dapat dilakukan secara onlin
6. Informasi Cuti Akademik
7. Informasi Transfer dari D3 ke S1
8. NEWS dari BAAK yang selalu ter-update karena dikelola langsung oleh bagian BAAK.
Pada situs ini juga disediakan kontak yang dapat dilakukan oleh mahasiswa khususnya untuk menanyakan hal-hal terkait Administrasi Akademik. Kontak ini langsung dikelola oleh Bagian BAAK.
Link : http://baak.gunadarma.ac.id


STUDENTSITE UG

Menu yang ada di halaman muka Studentsite :
 Studensite Login :untuk mengakses account Studentsite masing-masing mahasiswa Gunadarma
 Berita Studentsite : Kabar terbaru untuk memberikan sajian informasi kepada Mahasiswa
 Studentsite Aktivasi : Untuk mendaftar pengaktivasian studentsite bagi mahasiswa baru atau yang belum memiliki studentsite
 Studentsite kontak : Untuk melapor suatu permasalahan pada peng-aktivasian Studentsite
 FAQ Studentsite : Masukan atau pertanyaan- pertanyaan yang ingin ditanyakan jika memiliki masalah yang berkaitan dengan studentsite
Menu Layanan :
1. BAAK adalah suatu Biro yang menangani sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Informasi yang berkaitan dengan BAAK bisa dilihat pada website resmi BAAK
2. Lecture Massage adalah salah fitur yang di dalamnya terdapat tulisan dari ADMINISTRATOR UG berupa tugas untuk pengembangan mata kuliah softskill.
3. Jadwal Kuliah adalah pada halaman ini anda dapat melihat jdwal kuliah anda, dan akan tercantum hari, lokasi, mata kuliah, dan dosen pengajar tiap kelas.

4. Jadwal Ujian adalah salah satu fitur yang menampilkan jadwal ujian mahasiswa Gunadarma pada saat pekan ujian.

5. Bebas perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan Universitas Gunadarma. Maka, mahasiswa yang telah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan Universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).

6. Surat Keterangan adalah fitur yang disediakan untuk mahasiswa untuk mengajukan permohonan surat keterangan.

7. Infor Absensi adalah fitur yang menampilkan jumlah absensi mahasiswa gunadarma terhitung mulai tahun angkatan 2007

8. Pendaftaran Lomba Blog adalah fitur yang menyediakan bagi mahasiswa Gunadarma untuk mendaftar lomba blog.

9. Info Seminar (UG portfolio) adalah fitur yang menampilkan jadwal seminar yang di adakan di Gunadarma.

10. Tulisan (UG portfolio) adalah fitur yang menampilkan postingan tulisan anda ke wartawarga UG

11. Tugas (UG portfolio) adalah fitur yang menampilkan pstingan tugas anda.

12. Deposit Library adalahSitus ini ditujukan untuk anggota Perpustakaan Universitas Gunadarma secara khusus dan masyarakat pada umumnya

13. Wartawarga adalah fitur yang menampilkan tulisan - tulisan postingan mahasiswa Gunadarma

14. Blog Komunitas Perbankan adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Perbankan.

15. Blog Komunitas Linux adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam hal Linux.

16. Blog Komunitas Perbankan adalah Photografi yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Photografi.

17. Blog Komunitas Robotika adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Robotik

18. Blog Komunitas Arsitektur adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Arsitektur.

19. Blog Komunitas Ekonomi Syariah adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Ekonomi Syariah.

20. Blog Komunitas Pasar Modal adalah fitur yang menampilkan blog komunitas dalam bidang Pasar modal.


Kemudahan Studentsite UG
• Informasi UG
transkrip Akademik, Jadwal Kuliah & ujian (mid & final), Presence
Akses kapan saja, di mana saja
• Berkomunikasi, Kolaborasi, Mengatur, dan Berbagi Informasi mulus
• Pribadi dan Grup Kalender
Rencana, jadwal dan melacak aktivitas pribadi dan tim
• Tugas Manajemen
Membuat, menetapkan, memantau dan melacak semua tugas Anda pribadi dan tim
• Email client
Konfigurasikan account email yang ada untuk mengirim dan menerima mail
Link : http://studentsite.gunadarma.ac.id


VIRTUAL CLASS UG

I. DEFINISI

V-Class adalah sebuah aktivitas belajar-mengajar yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam sebuah perkuliahan dengan menggunakan fasilitas komputer multimedia melalui media internet tanpa menggunakan ruang kelas. Aktivitas ini dimaksudkan untuk melengkapi “blended learning” yang memadukan dan menyelaraskan antara metode pembelajaran “face to face” di kelas dengan pembelajaran menggunakan media elektronik secara online.

II. PROSEDUR

A. Prosedur Penentuan Mata Kuliah

Mata kuliah yang diutamakan penyelenggaraannya melalui V-Class merupakan:
a. Mata kuliah yang belum memiliki bentuk V-Class
b. Mata kuliah yang memiliki kompetensi utama di program studinya.
c. Mata kuliah lintas program studi
d. Mata kuliah yang membutuhkan visualisasi
e. Mata kuliah yang membutuhkan simulasi
Prosedur penentuan mata kuliah yang akan diselenggarakan melalui V-Class ditentukan oleh Program Studi.

B. Prosedur Penunjukan Dosen Pengampu

Penunjukan dosen pengampu mata kuliah yang di-v-class-kan didasarkan atas kompetensi dan kualifikasinya yang bersifat administratif dan teknis. Dosen-dosen yang telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis, selanjutnya diajukan oleh Program Studi untuk ditentukan pimpinan universitas. Dosen dianggap telah memenuhi persyaratan administratif dan teknis jika memenuhi kriteria sebagai berikut:
a. Dosen Tetap di Universitas Gunadarma dan memiliki Surat Tugas mengajar mata kuliah yang bersangkutan
b. Memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan mata kuliah bersangkutan
c. Mampu mengoperasikan komputer
d. Memiliki account e-mail staff Universitas Gunadarma

C. Prosedur proses belajar-mengajar

Prosedur proses belajar mengajar melalui V-Class meliputi ketentuan tentang :
a. Jumlah pertemuan
b. Waktu penyelenggaraan
c. Absensi peserta
d. Absensi Dosen
e. Forum diskusi
f. Tugas

D. Prosedur Evaluasi dan monitoring hasil

Evaluasi dan monitoring antara lain dimaksudkan untuk melihat seberapa jauh tingkat keberhasilan peserta V-Class. Prosedur evaluasi meliputi:
a. Bentuk atau cara penilaian
b. Penilaian setiap mahasiswa
Sedangkan prosedur monitoring dilakukan terhadap setiap peserta
V-Class, baik mahasiswa maupun dosen pengampu yang bersangkutan.
Link : http://v-class.gunadarma.ac.id

E-LEARNING UG

E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.
Ada beberapa pengertian berkaitan dengan e-Learning sebagai berikut :
• Pembelajaran jarak jauh.
E-Learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Pembelajar bisa berada di Semarang, sementara “instruktur” dan pelajaran yang diikuti berada di tempat lain, di kota lain bahkan di negara lain. Interaksi bisa dijalankan secara on-line dan real-time ataupun secara off-line atau archieved.
Pembelajar belajar dari komputer di kantor ataupun di rumah dengan memanfaatkan koneksi jaringan lokal ataupun jaringan Internet ataupun menggunakan media CD/DVD yang telah disiapkan. Materi belajar dikelola oleh sebuah pusat penyedia materi di kampus/universitas, atau perusahaan penyedia content tertentu. Pembelajar bisa mengatur sendiri waktu belajar, dan tempat dari mana ia mengakses pelajaran.
• Pembelajaran dengan perangkat komputer
E-Learning disampaikan dengan memanfaatkan perangkat komputer. Pada umumnya perangkat dilengkapi perangkat multimedia, dengan cd drive dan koneksi Internet ataupun Intranet lokal. Dengan memiliki komputer yang terkoneksi dengan intranet ataupun Internet, pembelajar dapat berpartisipasi dalam e-Learning. Jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi tidak dibatasi dengan kapasitas kelas. Materi pelajaran dapat diketengahkan dengan kualitas yang lebih standar dibandingkan kelas konvensional yang tergantung pada kondisi dari pengajar.
• Pembelajaran formal vs. informal
E-Learning bisa mencakup pembelajaran secara formal maupun informal. E-Learning secara formal, misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum, silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-Learning dan pembelajar sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya, atau pembelajaran jarak jauh yang dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahan konsultan) yang memang bergerak di bidang penyediaan jasa e-Learning untuk umum. E-Learning bisa juga dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
• Pembelajaran yang ditunjang oleh para ahli di bidang masing-masing.
Walaupun sepertinya e-Learning diberikan hanya melalui perangkat komputer, e-Learning ternyata disiapkan, ditunjang, dikelola oleh tim yang terdiri dari para ahli di bidang masing-masing, yaitu:
1. Subject Matter Expert (SME) atau nara sumber dari pelatihan yang disampaikan
2. Instructional Designer (ID), bertugas untuk secara sistematis mendesain materi dari SME menjadi materi e-Learning dengan memasukkan unsur metode pengajaran agar materi menjadi lebih interaktif, lebih mudah dan lebih menarik untuk dipelajari
3. Graphic Designer (GD), mengubah materi text menjadi bentuk grafis dengan gambar, warna, dan layout yang enak dipandang, efektif dan menarik untuk dipelajari
4. Ahli bidang Learning Management System (LMS). Mengelola sistem di website yang mengatur lalu lintas interaksi antara instruktur dengan siswa, antarsiswa dengan siswa lainnya.
Di sini, pembelajar bisa melihat modul-modul yang ditawarkan, bisa mengambil tugas-tugas dan test-test yang harus dikerjakan, serta melihat jadwal diskusi secara maya dengan instruktur, nara sumber lain, dan pembelajar lain. Melalui LMS ini, siswa juga bisa melihat nilai tugas dan test serta peringkatnya berdasarkan nilai (tugas ataupun test) yang diperoleh.
E-Learning tidak diberikan semata-mata oleh mesin, tetapi seperti juga pembelajaran secara konvensional di kelas, e-Learning ditunjang oleh para ahli di berbagai bidang terkait.
Link : http://elearning.gunadarma.ac.id.

ILAB

Menu ILAB

• Pengenalan ilab : Menjelaskan maksud dan fungsi ilab. Yang terdiri dari (sub layanan Pengenalan ilab) : Peta lokasi ilab, Akses menuju ilab, Denah kampus H, dan Panduan menuju ilab.
• Tata Tertib ilab : Menjelaskan peraturan ,dan ketentuan selama mengikuti praktikum. Yang terdiri dari (sub layanan Tata tertib ilab) : Tata tertib berpakaian, Tata tertib memasuki ruang ilab, dan Prosedural keikutsertaan praktikum.

2. PRAKTIKUM

• Tutorial Praktikum : Menjelaskan tahap-tahap selama mengikuti praktikum yg terdiri dari (sub layanan Tutorial praktikum ) : Pra praktikum, Login, Pretest, Lab activity, Post test, Ubah jadwal, dan Logout.
• Modul Praktikum : Menjelaskan materi-materi sebagai bahan praktikum yang akan diujikan. Yang terdiri dari (sub layanan Modul praktikum) : LAB SI, LAB AKUNTANSI, dan LAB MANAJEMEN.

3. ADMINISTRASI

• Download Jadwal : Berisi tentang skema jadwal yg harus di download oleh mahasiswa Universitas Gunadarma, untuk melihat jadwal praktikum yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut. Yang terdiri dari (file zip) Download Nomor Terminal Untuk Tingkat 1 (kelas 1), Download Nomor Terminal Untuk Tingkat 2, 3, 4 dan MORE ARTICLES : Berisi skema jadwal praktikum yang dapat dilihat oleh mahasiswa Universitas Gunadarma.
• Sistem Penjadwalan Praktikum : Berisi tentang Tata Tertib Penjadwalan Praktikum bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, dan MORE ARTICLES : Berisi Sistem Penjadwalan, Praktikum Pengganti, Sesi Praktikum, dan Keterlambatan.
5. REGISTRASI KELAS 1
• Prosedur Praktikum Ilab Untuk Kelas 1 : Berisi tentang tahap-tahap dalam registrasi Ilab yang terdiri dari (tahap-tahap) : Aktivasi Akun Ilab, Cetak Kartu Praktikum, dan Praktikum Ilab.
• Registrasi Kelas 1 : Berisi tentang langkah-langkah dalam aktivasi Akun Ilab .
• Cetak Kartu Praktikum : Berisi langkah-langkah untuk mencetak kartu Praktikum, dan Syarat-syarat yang harus dipenuhi sebelum mencetak kartu praktikum.
5. SEARCH
Fitur tambahan dalam website Ilab, untuk mencari informasi seputar Ilab.
Kelebihan Layanan : Pada layanan utama Ilab terdapat fitur yang berisi tentang pengumuman dan informasi yang up to date dan bermanfaat bagi mahasiswa Universitas Gunadarma (praktikan Ilab).
Kekurangan Layanan : Tidak ada menu layanan record nilai terakhir praktikum, karena user perlu mengetahui nilainya.
Link : http://ilab.gunadarma.ac.id

UG OPEN COURSEWARE

Mungkin banyak mahasiswa gunadarma belum mengetahui UG Open CourseWare (OCW) ini. Padahal menurut saya OCW merupakan jenis perpustakaan yang menggunakan media online. Kenapa saya meyebutkan perpustakaan ...?
• Perlu anda ketahui banyak fitur- fitur yang terdapat di dalamnya :
1. Didalam layanan ini juga disediakan banyak materi-materi yang akan anda pelajari di tiap semesternya maupun dari tiap jurusan baik dari Department Of Civil and Planning Engineering , Computer Science and Information Technology ,Economics, Industrial Technology, Letters ,Psychology dan Diploma Three Program (D3).
2. OCW juga memberikan layanan help berupa menu help , ketika mahasiswa atau pengunjung yang tak mengerti apa itu OCW disana terdapat juga penjelasannya.
3. Dilayanan ini juga memberikan informasi tentang syarat masuk di universitas gunadarma , Pelajaran-pelajaran yang akan diterima kelak , dan Skill- skill yang akan diperoleh di tiap jurusan.
4. Dilayanan ini memberikan kemudahan dalam mengirim halaman , mencetak halaman , dan melihat halaman menjadi Ofifice power point dll. Karena tombol-tombol (Express tombols ) tersebut telah disediakan dibagian kanan halaman .
5. Dilayanan ini memberikan fasilitas Comment berupa menu feedback dimana menu tersebut berfungsi untuk menanyakan hal , memberikan saran dan membutuhkan halaman berupa email.

• Kelebihan dari layanan ini :

1. Bahasa penggunaan yang di gunakan oleh layanan ini menggunakan bahasa inggris or bahasa internasional , tanpa anda sadari ketika anda membaca salah satu materi yang terdapat disana , anda mendapatkan banyak pengetahuan verb-verb yang makin banyak.
2. Memiliki tombol cepat dalam mengirim halaman , mencetak halaman , dan melihat halaman menjadi Ofifice power point dll jadi pengunjung tak perlu repot copy-paste ke office dulu.
3. Para calon mahasiswa gunadarma tak perlu bingung terhadap jurusanya yang akan dan telah dia pilih.

• Kekurangan dari layanan ini :

1. Kurangnya translate bahasa indonesia yang menyebabkan pengunjung yang kurag mengerti tentang bahasa inggris menjadi kurang tertarik.
2. Tulisan warna yang berwarna putih serupa dengan bacground putih ketika kita mencari sesuatu melalui search.
3. Kurangnya sosialisasi web ini sehingga banyak mahasiswa yang belum mengenalnya.
Link : http://ocw.gunadarma.ac.id

WARTAWARGA

Warta warga merupakan situs untuk wadah bagi segenap civitas akademika UG untuk menyalurkan kemampuan menulis dalam menunjang program softskill.

link : http://wartawarga.gunadarma.ac.id

UG COMMUNITY

Karena adanya kesamaan identitas, ingin berbagi, peduli dan partisipasi serta adanya minat yang sama, baik itu mahasiswa, dosen dan juga alumni kita berbagi informasi! Layanan ini memberikan wadah kepada mahasiswa ataupun dosen yang memiliki minat yang sama dan dijadikan sarana komnikasi yang lebih fleksibel.
Situs ini menyediakan berbagai menu layanan seperti
1. UG RADIO yang berisi saluran radio yang dimiliki Universitas Gunadarma. Dan disini pulalah dicantumkan bagaimana cara apabila ingin merequest lagu.
2. HOME menampilakn laman depan situs.
3. BLOGS menyediakan tempat untuk memasukan blog yang kita miliki untuk berbagi informasi.
4. FORUM yang berisi tentang berbagai informasi yang dapat kita peroleh dengan diskusi.
5. UG’ERS menampilakan fitur-fitur yang dapat kita gunakan untuk menjadi member.
4. 6. GALLERY berisi fitur yang dapat digunakan untuk memasukkan dokumen berupa image.
5. 7. GROUPS menampilkan berbagai jenis group.
6. 8. MUSIC memudahkan dalam pencarian music yang diinginkan.
7. 9. VIDEOS berisi video-video yang telah di postkan.
Link : http://community.gunadarma.ac.id

UG Pedia

UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah:
1. InstantResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
3. Sehubungan dengan term "wikipedia" yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.
Link : http://ugpedia.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar