Rabu, 09 Januari 2013

BAB 6


Artsitektur Komputer

Kali ini kita akan membahas tentang aritektur komputer. Dalam arsitektur komputer akan dibahas peralatan input, output, pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder. 

Artsitektur komputer adalah impelementasi perencanaan dari masing-masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema komputer  (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.



1. CPU, mengendalikan unit sistem komputer dan mengubah input menjadi output. 
  • Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program. 
  • Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem   
  • Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi
2. Unit Input,  memasukkan data ke dalam primary storage. 
3. Penyimpanan sekunder, untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
4. Unit Output, mencatat hasil pengolahan.   

 ~~ Peralatan Input
Peralatan Input adalah suatu unit yang berfungsi sebagai suatu media untuk memasukkan data dari luar komputer ke dalam prosesor atau memory untuk diolah menjadi suatu informasi yang diperlukan. Alat input terbagi menjadi 2 yaitu:
a.  Alat input langsung adalah input yang ketika dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contoh :  
  • Mouse
    Fungsinya untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click).
  • Keyboard,
    Input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file. Keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.
     
  • Scanner
    Alat yang berfungsi untuk mengcopy / menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memory komputer dengan bentuk gambar. Scanner hampir mirip dengan mesin fotocopy, tapi bedanya di scanner kita dapat memodifikasi file yang dicopy melalui monitor sebulum dicetak hasilnya.
  • Light pen
    Pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.   
b. Alat input tidak langsung, dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal).
Contoh : harddisk, disket, pucked card dll 
 ~~ Pemrosesan Pusat dan Penyimpanan Sekunder
a.       Pemrosesan pusat berada pada CPU yang terdiri dari:
  • Control Unit, bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer.
  • Arithmatic And Logical Unit, bertugas melakukan semua perhitungan atitmatic dan logika yang terjadi sesuai dengan instruksi program.
  • Register, adalah tempat penyimpanan instruksi dan data yang sedang di proses oleh CPU, sedang instruksi-instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran untuk di proses dan di simpan di memori utama. 
      b.       Penyimpanan sekunder
  • Pita Magnetik : Reel Tape dan Tape Cartridge 
  • Hard Disk       : Removable dan Non removable 
  • Floppy Disk 
  • Piringan Optik : CD, DVD 
  • USB Flash Disk 
  • Smart Card 
  • Kartu memori
Bentuk Penyimpanan Sekunder :
  • RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan primer yang mudahhilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam. 
  • ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan sekunder yang bersifatnon-volatile karena data disimpan secara permanent dan jika listrikpadam data tidak akan hilang 
  • Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja sangat cepatdan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
 Karakteristik Memory sekunder yaitu : 
    1. Sifat penyimpanan yang tetap ( persistent ), sehingga media penyimpanan sekunder perlu dipisahkan dari unit pengolah utama ( central prosessing unit/ CPU ) dan memory utama ( main memory ), dan di hubungkan oleh kabel/bus ke unit pengolah ( prosessor ) dan memory utama (main memory)
    2. Kemampuan untuk digunakan secara bersama-sama ( shareability ).  
    3. Kemampuan untuk menyimpan sejumlah data, informasi, dan program.
     
    ~~    Peralatan Output  
    Output device dibagi menjadi dua, yaitu :
    1.   Softcopy, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image  pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. Terdiri dari 2 jenis yaitu : 
    • Monitor :  Pada dasarnya monitor terbagi 3 kelompok yaitu :
  • -        Monitor Digital
    -        Monitor Analog
    -        Monitor Multiscaning
    Contoh : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)

    • Speaker, yaitu alat untuk keluaran suara dari computer. Perkembangan soundcard semakin memanjakan telinga kita dengan dukungan sistem audio speaker yang berkualitas. 
     
    2.  Hardcopy, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti     kertas atau film. Terdiri dari :
    • Printer
    • Graph Plotter
     
    ~~   Unit Output
1) Output yang ditampilkan
  • Peralatan output yg paling terkenal dgn pemakai akhir (end user) adalah Display Screen yangg disebut CRT yg dikemas dgn keyboard. 
  •  Kelemahan dari layar tampilan yaitu : ketidak mampuan untuk menghasilkan kopi pada kertas, yang disebut Hard copy.
2) Output yang dicetak
  • Peralatan output yang disebut printer menghasilkan hard copy.  
3) Output Grafik
  • Beberapa pemakai komputer pertama, seperti insinyur dan arsitek perlu untuk menghasilkan output grafik. 
  • Peralatan khusus yg disebut plotter yg disambungkan dgn CPU ataupun beroperasi secara offine, dpt menghasilkan output grafik pd ukuran normal atau pd kertas yg besar.
4) Output Mikrofilm
  • Komputer dapat menggunakan unit Computer Output Microfilm (COM) untuk menciptakan microfilm ataupun microfiche. 
  • Mikrofilm viewer offine khusus digunakan untuk menampilkan dokumen yang difilmkan tersebut. 
  • Microfilm printer dpt digunakan untuk menghasikan hard copy.
5) Output Kartu Berlubang
  • Beberapa konfigurasi komputer yang lebih besar menerapkan card punch unit yang membuat kartu berlubang.
6) Output Audio
  • Audio response unit dapat menentukan kata yang sebelumnya terekam untuk membentuk output komputer dapat didengar, sehingga bisa ditransmisikan ke seluruh saluran komunikasi.
Kesimpulan :
Dalam arsitektur komputer ada hardware, software dan brainware. Hardware adalah peralatan/perangkat keras yang digunakan untuk menginput dan mengoutput data serta memproses data tsb. Software adalah Adalah sekumpulan data-data elektronik  yang  diatur oleh komputer berupa instruksi untuk menjalankan suatu program. Brainware adalah orang yang mengunakan hardware dan software.

Sumber :