Kamis, 27 November 2014

Refrensi Bagi Pelamar Fresh Graduate



Semua orang menginginkan bekerja di tempat yang mereka minati dan sesuai kemampuan. Tetapi faktanya, kebanyakan masyarakat Indonesia sekarang bukan mencari pekerjaan berdasarkan apa yang disukai atau sesuai dengan keahlian, hal utama yang paling dicari adalah gaji yang didapat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
 

Pastinya memiliki pekerjaan yang mapan dengan upah yang tinggi adalah dambaan setiap orang. Tinggi atau rendahnya gaji seseorang ditentukan oleh jenis profesi apa yang diambil dan pengalaman yang telah dimiliki. Tapi saya baru lulus kuliah, belum memiliki pengalaman yang cukup di lapangan, apakah mungkin mendapat gaji yang tinggi? Tenang saja, bisa kok.
 
 Insinyur Perminyakan dan Ahli Geologi (Rp 5 juta per bulan)
Sudah menjadi rahasia umum, gaji para staf perusahaan minyak memiliki rata-rata yang cukup tinggi di Indonesia yaitu antara Rp 5 juta sampai 7,3 juta, tergantung perusahaan tempat bekerja. Perusahaan minyak nasional Indonesia sendiri, PT. Pertamina, memberikan rata-rata gaji fresh graduate minimal Rp 7 juta. Sehingga wajar semua orang memimpikan untuk bekerja di perusahaan minyak. Tidak hanya insinyur perminyakan, gaji ahli geologi pun terbilang tinggi. Karena lulusan geologi di Indonesia sangat sedikit, wajar apabila lulusan dari jurusan ini selalu langsung direkrut oleh perusahaan tambang nasional dan internasional dengan rata-rata gaji Rp 5 juta sampai Rp 8 juta.
Jadi, bagi Anda yang masih bingung mau mengambil jurusan apa saat kuliah atau bingung mau bekerja dimana, mungkin pilihan di atas dapat menjadi referensi untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji terbaik.

2.     Auditor (Rp 3,5 juta per bulan)
Bidang ekonomi di Indonesia berkembang dengan sangat cepat yang dapat dilihat dari pertumbuhan bank-bank di Indonesia, maka dari itu kebanyakan anak lulusan di Indonesia ketika ditanya ingin kuliah di jurusan apa, rata-rata menjawab jurusan ekonomi. Bagi para lulusan di bidang ekonomi, berprofesi sebagai seorang auditor adalah hal yang paling diimpiankan, karena rata-rata gaji fresh graduate auditor berkisar antara Rp 3,5 juta sampai Rp 5,5 juta per bulannya.
3.     Insinyur Proyek dan Jaringan (Rp 3 juta per bulan)
Hampir sama dengan profesi electrical dan system engineer, insinyur proyek dan jaringan juga memiliki wilayah kerja yang luas. Hanya saja gaji untuk level fresh graduate yang ditawarkan lebih tinggi, yaitu sekitar 3 juta samapai 5 juta perbulannya.

4.     Management Trainee (Rp 2,7 juta per bulan)
Perusahaan dalam bisnis apapun pasti membutuhkan SDM untuk menempati posisi manajerial. Pelatihan manajemen sangat dibutuhkan untuk mendapatkan calon karyawan yang akan menempati posisi level yang tepat di berbagai divisi yang mengetahui keadaan bisnis perusahaan. Lahan kerja bidang ini adalah melakukan pengamatan dan membuat laporan, praktek lapangan, dan mencari penyelesaian masalah yang ditemui saat terjun langsung di lapangan. Rata-rata gaji yang diterima untuk management trainee adalah minimal Rp 2,7 juta dan maksimal Rp 4,5 juta
Bottom of Form
5.     Gaji Tertinggi untuk Fresh Graduate Versi JobStreet
Belum punya pekerjaan? Coba aja masukkan lamaran ke JobStreet. Ya, website dengan lowongan pekerjaan terbesar ini memang sangat terkenal di Indonesia bahakan di Asia Tenggara. Di situs ini, calon pekerja dapat melihat gaji yang akan dibayarkan terhadap pekerjaan yang diminati di berbagai perusahaan Indonesia maupun luar negeri, mulai dari fresh graduate sampai yang berpengalaman. Bagi Anda yang baru saja lulus, berikut informasi gaji pekerjaan dari tertinggi sampai yang rendah versi JobStreet Indonesia.
6.     Electrical/ System Engineer dan Programmer (Rp 2,5 juta per bulan)
Profesi electrical/ system engineer memiliki wilayah kerja yang cukup luas, hampir semua perusahaan seperti telekomunikasi, listrik, hingga layanan penerbangan membutuhkannya. Gaji yang ditawarkan untuk level fresh graduate pun cukup menjanjikan yakni Rp 2,5 juta – Rp 4,6 juta per bulan, tergantung di perusahaan mana ia bekerja.
Begitu pula dengan programmer yang selalu dibutuhkan baik di bidang pendidikan, pemasaran, kesehatan dan lain-lain, dengan tugasnya mendesain dan membangun interface antara komputer dengan peralatan-peralatan lain, membangun software yang mengontrol interface, mendesain dan membangun solusi menggunakan embedded sistem atau mikrokontroler, membangun software untuk menjalankan mikrokontroler, dan testing hardware. Gaji yang dapat diterima untuk level fresh graduate adalah sekitar Rp 2,5 juta sampai Rp 4 juta per bulan.

sumber :  

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Menjadi seorang fresh graduate yang awam masalah gaji, adalah masalah ketika wawancara kerja. Temukan gaji besar fresh graduate di Laruno.com Portal Bisnis dan Karir Indonesia

Posting Komentar