Sabtu, 13 Oktober 2012

Sistem Informasi Manajemen


 
Konsep Dasar Sistem
 
  Kalau Anda membeli sebuah sepeda tetapi tidak dengan rodanya, maka sepeda itu tidak akan berfungsi, dengan kata lain sepeda tersebut tidak dapat dikatakan suatu sistem, karena masih   
ada komponennya yang kurang. Kalau Anda mempunyai  sebuah  jam  tangan digital elektronik   yang  harganya  sampai  ratusan  ribu  rupiah  dan  mengalami  kerusakan  total sehingga tidak dapat diperbaiki, maka jam tersebut sudah tidak ada nilainya lagi, walaupun komponen-komponennya Anda  jual  sendiri-sendiriInilah mahalnya  suatu  sistem. Apakah sistem  itu?  
Suatu  sistem dapat didefenisikan  sebagai suatu kesatuan yang  terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Suatu  sistem  dapat  terdiri  dari  sistem-sistem  bagian  (subsystem).  Misalnyasistem komputer  terdiri  dari  subsistem  perangkat  keras  dan  subsistem  perangkat  lunak. 

Konsep Dasar Informasi
 
  Informasi  ibarat  darah  yang  mengalir  di  dalam  tubuh  suatu  organisasisehingga informasi  ini  sangat  penting  di  dalam  suatu  organisasiSuatu  sistem  yang  kurang mendapatkan  informasi  akan  menjadi  luruh. Informasi dapat didefenisikan  sebagai hasil dari pengolahan data dalam  suatu bentuk yang  lebih  berguna  dan  lebih  berarti  bagi  penerimanya  yang  menggambarkan  suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal atau  data-item. Data  adalah  kenyataan  yang menggambarkan  suatu  kejadian-kejadian  dan kesatuan nyata. Kejadian-kejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat tertentu

Profil 

   Blue Bird Group merupakan market leader dalam bisnis transportasi, Blue Bird sudah menjadi brand yang dan dikenal luas oleh masyarakat. Tahun 1972, diawali dengan armada 25 taksi dan kini  telah berkembang pesat  mencapai sekitar  12000 armada yang tersebar di seluruh penjuru jakarta. Blue Bird melayani  lebih  dari  tiga  juta  penumpang  per  bulan  di  seluruh  negeri. Blue Bird Group  baris  jasa meliputi  berbagai  spektrumdari taksi  khusus  yang ditargetkan pada pasar yang lebih tinggi (Silver Bird), mobil sewa (Golden Bird),charter bus (Big Bird) dan kontainer truk (Iron Bird).
  Blue  Bird  telah  memiliki  susunan  organisasi  yang  menyertakan  CIO sebagai salah satu pemegang kebijakan atrategis di perusahaan. Divisi Teknologi Informasi  berada  langsung  dibawah  Vice  President  Business  Development, bersama  dengan Divisi Corporate  Image, Total Manajemen Quality,  dan  Public Relation.  Dalam  hal  ini  Blue  Bird  telah  sadar  bahwa  penggunaan  sistem  dan teknologi  informasi  merupakan  faktor  penting  dalam  pengembangan  bisnis perusahaan


Dibawah  ini merupakan beberapa  teknologi yang  telah dimanfaatkan oleh Blue  Bird  Group  dalam  meningkatkan  kualitas  dan  pelayanannya  terhadap pelanggan:

1. Sistem Komunikasi Radio

   Dalam  hal  teknologi,  Blue  Bird  Group  termasuk  perusahaan  yang tanggap akan  teknologiPada  awal  berdirinya  Blue  Bird  yang  pertama mengimplementasikan sistem komunikasi radio disetiap taksinya.  

2. Sistem Database Pelanggan

     Selain itu Blue Bird juga memiliki sistem informasi manajemen yang baik dalam  meningkatkan  pelayanan  terhadap  pelangganini  dibuktikan dengan sistem pemesanan  taksi Blue Bird via  telepon. Kemudian  saat  customer  tersebut  melakukan pemesanan  untuk  kedua kalinya,  operator  Blue  Bird  akan  langsung mengkonfirmasi  bahwa  customer yang menelepon pada  saat  itu bernama A, Beralamat X, dan memiliki nomor telepon Z, sehingga customer tersebut tidak perlu melakukan hal yang sama dengan menyebutkan data diri pada setiap pemesanan taksi. Ini membuktikan bahwa  Blue  Bird  memiliki  sistem  penggunaan  database  yang  baikhal  ini membuat  customer  semakin  memiliki  penilaian  yang  baik  terhadap  kualitas Blue Bird.  

3. GPS

   Untuk  lebih meningkatkan  pelayanan  dan  kualitasnya,  Blue  Bird Group telah memanfaatkan  teknologi  terbaruyakni Global  Positioning  System  atau yang lebih dikenal dengan sebutan GPS, sudah sekitar empat tahun belakangan ini Blue Bird menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Pada saat customer melakukan pemesanan  taksi  untuk  pertama  kalinya,  operator  blue  bird  akan  langsung memasukkan data-data customer tersebut, mulai dari nama, nomor telepon, dan alamat si customer.

  Selain digunakan  untuk melacak  posisi  armada-armadanya, GPS  ini  juga  digunakan sebagai sarana berkomunikasi antara armada taksi dengan Call Center. Berbeda  dengan  teknologi  komunikasi  radio  yang  terbatas  pada komunikasi  suara  yang  sudah  umum  digunakan  oleh  operator-operator  taksi, teknologi GPS  ini mempermudah operator dalam menentukan posisi customer dan  armada  mana  yang  bisa  menjangkaunyasehingga  pelayanan  bisa dilakukan  lebih  cepat  dan  mengurangi  antrean  order. Keunggulan  lainnya, customer tidak perlu mendengarkan suara berisik dari radio komunikasi ketika ada  lelang  order  yang masuk. Sebelum   penerapan  GPS, response time Blue Bird Group berkisar antara  20-30  menit. Kini response time berkisar antara 10-15 menit
  Hal ini tentu akan meningkatkan produktivitas   per unit taksi Blue Bird Group yang kini berjumlah lebih  dari  15.000 unit. Data lainnya, tujuh bulan sejak penerapan GPS pada   ratusan unit   taksi   Silver Bird di tahun 2001, jumlah pesanan  per  hari meningkat dari 1.000 menjadi 2.000, atau naik 100%. Melihat  hasilnya   yang  positif, Blue Bird Group  pun  kemudian  memasang peralatan   GPS   yang senilai US$800 pada   setiap   unit   taksinya.

  Harga tersebut belum termasuk perangkat lunak, perangkat   keras, dan peralatan pemantau di kantor. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, Blue Bird Group pun melakukan pembenahan ke dalam dengan menerapkan sistem Enterprise Resources  Planning  (ERP). Penerapan  ini  bertujuan  meningkatkan efisiensi, produktivitas,   yang   pada gilirannya berujung   pada   peningkatan profit.

   Kedepan, Blue Bird Group berencana menerapkan sistem Customer  Relationship Management (CRM). Sebab, mereka telah memiliki data yang cukup mengenai para pelanggan setianya. 

4. SMS TAKSI  
   Baru-baru  ini,  Blue  Bird  meluncurkan  lagi  salah  satu  layanan pelanggannya. Blue Bird berusaha mengikuti teknologi yang sedang trend saat iniLayanan  baru  tersebut  adalah  SMS Taxi: Order Taksi  via  SMS. Dengan layanan  inipelanggan  cukup  mengirimkan  SMS  ke  nomor  1234  untuk melakukan order taksi.Pelayanan ini merupakan sebuah langkah strategis yang diambil oleh Blue Bird untuk menjaring pelanggannya. Untuk  dapat  melakukan  order,  customer  terlebih dahulu  harus mendaftarkan  nomor  telepon  selulernya melalui  SMS  atau website Blue Bird Group.
    Selain  itu  alamat dimana  taksi  akan menjemput pelanggan  juga harus didaftarkan. Setelah  itu baru pelanggan dapat memesan  taksinya. Saat  ini baru pelanggan  yang  memiliki  telepon  selular  dengan  menggunakan  operator Indosat  saja  (seperti  Matrix,  IM3,  dan  Mentari)  yang  bisa  memanfaatkan pelayanan ini. 

5. TAKSI VOUCHER

   Selain  meluncurkan  fasilitas  yang  memudahkan  pelanggannya  dalam melakukan  order  melalui  sms,  Blue  Bird  juga  memberikan  fasilitas  yang memudahkan para pelanggannya dalam hal pembayaran. Kini para pelanggan Blue Bird  tidak  lagi  diharuskan membayar  jasa  taksi Blue Bird  dengan  uang tunaikarena  saat  ini  terdapat  fasilitas  taksi  voucher  yang  dapat  digunakan untuk membayar jasa taksi Blue Bird sebagai pengganti uang tunai.
  Untuk  dapat menggunakan  fasilitas  inipelanggan  terlebih  dahulu  harus mengisi  formulir  taksi  voucher  melalui  website  Blue  Bird  Group.  Dalam formulir tersebut para pelanggan juga harus mendaftarkan kartu kredit apa yang akan  digunakan  untuk  pembayaran  jasa  taksikarena  dalam  penggunaan fasilitas  taksi  voucher  ini  pembayaran  akan  secara  otomatis  dipotong  dari rekening kartu kredit yang didaftarkan.

  Voucher  yang diterima oleh Blue Bird Group juga bertindak sebagai tanda terima dan akan dikembalikan kepada para pelanggan pada setiap akhir bulan. Keuntungan  yang  dapat  dirasakan  oleh  pelanggan  dalam  menggunakan taksi  voucher  ini  adalah  keefektifan  dalam  penggunaan  uang  tunai  dan  juga untuk menghemat waktu yang berharga pada saat masuk dan keluar kendaraan.


Thankyou :):):)

 

0 komentar:

Poskan Komentar