Senin, 01 Desember 2014

Tips Manajemen Waktu Dalam Dunia Kerja



Waktu merupakan bagian penting dalam kehidupan setiap manusia. Bersamanya manusia melewati setiap bagian hidupnya, baik senang maupun sulit. Tetapi kebanyakan manusia mengeluh soal waktu dalam hidupnya. Khususnya untuk Anda yang sedang berada di dunia kerja. Waktu akan menjadi factor terpenting dalam pencapaian target pekerjaan anda. Oleh karena itu, anda perlu mengatur waktu anda dengan sebaik mungkin.

Berikut beberapa tips mengatur waktu :

Do it now! Lakukan segala pekerjaan anda sekarang juga. Hindarilah kebiasaan menumpuk pekerjaan. Banyak atau sedikit pekerjaan Anda segeralah selesaikan. Karena kebiasaan menumpuk pekerjaan akan memberikan efek malas pada anda. Dan yang pasti waktu Anda akan lebih banyak terbuang sia-sia jika Anda senang menumpuk pekerjaan.

Perhitungkan waktu perjalanan Anda dengan baik. Permasalahan lalu lintas selalu menjadi bahasan utama. Macet, banjir, kendaraan umum yang tidak nyaman dan aman, dan permasalahan transportasi lainnya. Perhitungkanlah waktu Anda di perjalanan dengan sangat baik. Pilih waktu yang tepat saat berangkat dan pulang kantor. Berilah waktu untuk istirahat bagi tubuh Anda sebelum mulai bekerja.

Bersikap tegas terhadap diri sendiri. Beranikan diri Anda untuk membuang rasa malas. Camkan dalam diri Anda untuk mengalahkan rasa malas yang biasanya muncul saat Anda mengalami kebosanan. Relakskan diri Anda sejenak, kemudian kembali berkerja dan selesaikan pekerjaan Anda tepat pada waktunya.

Siapkan waktu khusus untuk refreshing. Bagi Anda yang berada pada usia produktif, waktu untuk bekerja adalah waktu yang paling banyak Anda gunakan. Dalam seminggu Anda bekerja lima sampai enam hari dengan rata-rata 9 jam perharinya. Belum terhitung waktu Anda dalam perjalanan. Dapat Anda bayangkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk bekerja dalam satu tahun. Sesekali siapkan waktu khusus untuk memanjakan diri Anda dan bersosialisasi. Mengambil cuti dan berlibur bersama keluarga atau teman merupakan pilihan yang tepat merefresh diri Anda. Bawa diri Anda pergi sejenak dari urusan pekerjaan. 

Hargai Waktu. Waktu akan menjadi sahabat baik Anda ketika Anda menghargainya. Tempatkan semua bagian hidup Anda sesuai waktunya. Percayalah tak ada hal yang sia-sia, waktu akan mengajarkan Anda banyak hal. Nikmati setiap detik perjalanan hidup Anda. Sampai suatu hari ketika diri ini sudah tak lagi mampu mengerjakan banyak hal, Anda akan menyadari bahwa hidup Anda indah ketika Anda menghargai dan memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin.


sumber :

0 komentar:

Poskan Komentar