Sabtu, 22 Oktober 2011

Basis Data


Aktivitas Bisnis dan Database
PT. Sierad Produce Tbk

SBU Kemitraan PT Sierad Produce Tbmenjalankan bisnis utama di bidang agroindustri dengan sistem kemitraan pembesaran ayam broiler (contract farming), dimana SBU Kemitraan adalah inti sedangkan peternak-peternak yang bekerja sama disebut dengan mitra atau plasma. Masing-masing pihak dalam kerjasama ini memiliki modal, inti berupa sarana produksi peternakan (sapronak) sedangkan mitra berupa kandang dan tenaga kerja.
Aktivitas bisnis yang dilakukan oleh SBU Kemitraan adalah sebagai berikut:

1. Melakukan rekrutmen para peternak yang akan dijadikan mitra dengan dasar kondisi dan kelayakan kandang.
2. Untuk mitra yang telah bekerja sama, SBU Kemitraan menerapkan pemilihan mitra untuk dilakukan chick-in day old chick (DOC) berdasarkan performance produksi mitra sebelumnya.
3. Sapronak yang terdiri dari DOC, feed, obat vaksin dan kimia (OVK) diperoleh SBU Kemitraan dari para pemasok baik dari group Sierad, yaitu SBU Feemill dan SBU Breeding ataupun dari pemasok luar.
4. Sapronak   ini    dikirimkan   ke   mitra,    dan    kemudian    dilakukan    aktivitas pembesaran DOC Broiler oleh mitra selama 35 hari. Di dalam proses produksi yang dilakukan oleh mitra, SBU Kemitraan juga memberikan panduan teknik oleh para PPL yang dimilikinya.
5. Monitoring  performance  produksi  ayam  yang  dibesarkan  oleh  mitra,  yang dilakukan oleh PPL adalah terkait dengan mortalitas (kematian), feed intake (pemakaian pakan), bodyweight (bobot ayam), feed consumption ratio (rasio pemakaian pakan dengan bobot ayam atau disebut juga dengan average daily gain), pemakaian obat dan kondisi ayam broiler.
6. Setelah melalui proses pembesaran selama 35 hari, DOC broiler akan menjadi livebird  yang  siap  dijual  kepadkonsumen  (broker,  rumah  potong  ayam, bakul, dan individu).
7. Proses selanjutnya adalah proses barter antara piutang sapronak yang dibeli oleh mitra dengan utang livebird SBU Kemitraan kepada mitraHasil dari proses barter ini adalah pembayaran laba ke mitra melalui transfer bank.
8. SBU Kemitraan menerima pembayaran dari pelanggan livebird dalam 4-5 hari setelah penjualan yang ditransfer ke bank. Demikian juga melakukan pembayaran utang ke pemasok sapronak.
Dari nature aktivitas bisnis yang dipaparkan diatas menjelaskan bahwa SBU Kemitraan PT Sierad Produce memiliki database yang saling terkait satu dengan yang lain, terdiri dari data-data sebagai berikut:
 Data Mitra.

 Data Pemasok dan Pembelian.

 Data Pelanggan dan Penjualan.

 Data PPL.

 Data Cash Management (Collection dan Payment).

 Data Produksi.



Network Topology, Software ERP dan Database Perusahaan


SBU Kemitraan memiliki network yang merupakan bagian dari PT Sierad Produce  yang  telah  digunakan  untuk  penerapan  e-Business  System  pada aktivitas bisnisnya. Network yang dimiliki menggunakan Telkom VPN-IP dan internet  cloud. Dimanmengubungkan  semua  SBU  Sierad  ke  dalam  satu jaringan dan server.


Untuk software ERP, SBU Kemitraan menggunakan Microsoft Dynamics Axapta dengan menggunakan Microsoft SQL Server yang merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produMicrosoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft. Server ini adanya di kantor pusat.  Kantor  cabang di daerah juga telah menggunakan  software Microsoft Dynamics Axapta yang dihubungkan dengan jaringan Telkon VPN-IP, sehingga transaksi yang dijalankan bersifat real-time dan tersentralisasi di server pusat.

Kesimpulan :
 
              Bahwa Solusi Microsoft Axapta dapat memberikan kekuatan dasar secara keseluruhan yang dibutuhkan perusahaan dalam berkerjasama dengan para klien, partner kerja, karyawan dan juga para suppliernya. Dengan solusi implementasian ini dapat memberikan fleksibilitas dan pemahaman yang lebih guna mendapatkan strategi yang unggul bagi kelangsungan perusahaan saat ini, serta dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis. Microsoft Business Solutions memiliki rangkaian solusi diantaranya ada Microsoft Axapta dan Microsoft CRM. Berdasarkan data yang tersedia Microsoft Axapta ini dapat dijalankan dengan menggunakan platform Microsoft Windows Server dengan Microsoft SQL Database. Dan dengan adanya Microsoft Axapta ini juga mendukung dalam penyediaan beberapa pilihan fungsi yang menyeluruh, termasuk diantaranya Manufacturing, Distribution, Supply Chain Management, Project Management, Financial Management, Customer Relationship Management, Human Resource Management, Business Analysis, Enterprise Portal, Commerce Gateway. Dalam pengaplikasi Microsoft Business Solutions Axapta ini perusahaan mendapatkan suatu manfaat fungsi yaitu pengontrolan untuk inventori bahan mentah, pengontrolan bagi proses produksinya dengan kualitas yang tetap baik, serta membangun area strategis lainnya. Ada beberapa faktor-faktor yang membuat implementasi tersebut berhasil salah satunya adalah solidnya tim teknologi informasi (TI) Perusahaan Sierad dapat melakukan proses implementasinya, komitmen yang tinggi dan keterlibatan pemilik proyek yang mau bekerjasama, persyaratan peranti lunak yang terpenuhi, dan perencanaan kapasitas peranti keras yang matang.


sumber :













0 komentar:

Poskan Komentar