Jumat, 26 November 2010

Ringkasan Plot Like Water For Chocolate Oleh Esquivel Laura

Ungkapan "seperti air untuk coklat" berasal dari agua para como cokelat Spanyol. Ungkapan ini adalah ungkapan umum di beberapa berbahasa negara Spanyol dan merupakan inspirasi bagi novel judul Esquivel Laura (nama memiliki makna ganda). Di beberapa negara Amerika, seperti Meksiko, cokelat panas dibuat tidak dengan susu, tetapi dengan air sebagai gantinya. Chocolate hanya akan mencair untuk membuat coklat panas ketika air mencapai titik didih. Pepatah 'seperti air untuk coklat' menyinggung fakta ini. Hal ini dapat digunakan sebagai metafora untuk menggambarkan keadaan perasaan yang intens atau - kadang - gairah seksual. Hal ini juga dapat digunakan untuk merujuk kepada kemarahan, seperti menjadi 'mendidih gila'. Tita, karakter utama, sebenarnya menggunakan ekspresi dalam buku ini ketika dia mengatakan "Estoy como agua para chocolate" (Aku seperti air untuk coklat) yang berarti bahwa dia gila mendidih.
Buku ini dibagi menjadi dua belas bagian dinamai bulan dalam setahun. Setiap bagian dimulai dengan resep Meksiko. Bab-bab menguraikan penyusunan hidangan dan ikatan kepada suatu peristiwa dalam kehidupan protagonis. [3]
Tita de la Garza, protagonis novel ini, adalah lima belas pada awal cerita, yang berlangsung selama Revolusi Meksiko. Dia tinggal bersama ibunya, Mama Elena, dan adik-adiknya yang lebih tua Gertrudis dan Rosaura, di sebuah peternakan dekat Meksiko - perbatasan AS.
Pedro, tangan peternakan, dan Tita jatuh cinta pada pandangan pertama. Ia meminta Mama Elena untuk tangan Tita dalam pernikahan, tapi Mama Elena melarang itu, mengutip De la Garza tradisi keluarga yang menuntut bahwa anak bungsu (dalam hal ini Tita) harus tetap tidak menikah dan merawat ibunya sampai kematian ibunya. Pedro enggan kawin tua Tita adik Rosaura sebagai gantinya. Tita tidak bisa menjaga dari berduka, meskipun jaminan Pedro bahwa Tita ia mencintai dan tidak Rosaura, dan bahwa ia hanya menikah Rosaura untuk lebih dekat dengan Tita.
Tita memiliki cinta dari dapur dan hubungan yang mendalam dengan makanan, suatu keterampilan diperkuat dengan fakta bahwa ia praktis dibesarkan sejak lahir oleh juru masak. Sebaliknya, keterampilan memasak Rosaura adalah miskin, membuat Pedro bahkan kurang tertarik padanya, karena ia hampir tidak ingin perkawinan mereka untuk memulai dengan. Meskipun demikian, ia dan Rosaura memiliki seorang putra, Roberto. Rosaura tidak dapat perawat Roberto, sehingga Pedro membawa dia ke dapur untuk Tita untuk memberi makan. Ajaibnya, Tita mulai menghasilkan susu payudara dan mampu perawat bayi. Ini menarik dan Pedro lebih dekat dari sebelumnya. Mereka mulai pertemuan diam-diam, merebut beberapa kali mereka bersama-sama dengan menyelinap di sekitar peternakan dan di belakang punggung Mama Elena dan Rosaura.
emosi yang kuat Tita menjadi bagian dari memasak dan dia sadar mulai menggunakan masakannya untuk mempengaruhi orang-orang di sekelilingnya. Setelah satu makan sangat kaya burung puyuh di naik saus kelopak rasa dengan pikiran erotis Tita's Pedro, kakak Tita lebih tua Gertrudis menjadi meradang dengan nafsu dan meninggalkan peternakan rakus bercinta dengan seorang tentara revolusioner di belakang kuda.
Rosaura dan Pedro terpaksa meninggalkan untuk San Antonio, Texas, atas desakan dari Mama Elena, yang mencurigai adanya hubungan antara Tita dan Pedro. Rosaura kehilangan putranya Roberto dan kemudian dibuat steril dari komplikasi dengan kelahiran anak perempuannya Esperanza.
Setelah mempelajari berita kematian keponakannya, yang dia peduli untuk dirinya sendiri, Tita menyalahkan ibunya. Mama Elena menanggapi dengan memukul Tita di wajah dengan sendok kayu. Tita, mau mengatasi dengan cara-cara mengendalikan ibunya, secludes dirinya di tempat perlindungan merpati sampai John simpatik Dr alasan Brown dengan dia dan meyakinkan dia untuk turun. Mama Elena dengan jelas menyatakan bahwa tidak ada tempat untuk "orang gila" seperti Tita di pertanian, dan ingin dia menjadi dilembagakan. Namun, dokter memutuskan untuk merawat Tita di rumahnya sebagai gantinya. Tita mengembangkan hubungan dekat dengan Dr Brown, bahkan berencana untuk menikah dengannya pada satu titik, tetapi perasaannya terhadap Pedro tidak goyah.
Selama tahun, Rosaura dan Mama Elena mati. Dengan penghapusan semua hambatan untuk mereka hubungan Tita dan Pedro akhirnya berbagi kebahagiaan malam yang begitu panas dan bergairah bahwa Pedro meninggal dunia sewaktu bercinta dengan Tita. Kesal pada ditinggal sendirian di dunia, hasil Tita untuk mengkonsumsi pertandingan dapur dan lilin sementara memikirkan wajah Pedro. pertandingan ini adalah dipicu oleh panas ingatannya, menciptakan api yang menelan mereka berdua, menyebabkan kematian mereka dalam serikat pekerja dan kehancuran total peternakan. Narator dari cerita ini adalah putri dari Esperanza, putri Pedro. putra Dr Brown Alex akan menikahinya pada akhir cerita. narator kemudian mengatakan bahwa semua yang ditemukan di bawah reruntuhan membara peternakan itu buku masak Tita, yang berisi semua resep yang dijelaskan dalam bab-bab sebelumnya.

http://en.wikipedia.org/wiki/Like_water_for_chocolate

0 komentar:

Poskan Komentar