Kamis, 07 November 2013

Ini cerita kuuu, ceritamu DIMANAAAA?? :D

Nama saya esrawati nainggolan, cukup panggil aja esraa (hehe). Mau cerita sedikit pengalaman tentang kerja praktek. Saat ini saya kuliah di Universitas Gunadarma jurusan D3 Akuntansi Komputer tingkat akhir. Kerja Praktek ini dilaksanakan pada bulan Agustus selama 15 hari, sebagai syarat untuk mengambil gelar Ahli Madya (Amd). Perusahaan tempat saya magang merupakan sebuah perusahaan dibidang industri Baja Lapis Seng yaitu PT Tumbakmas Inti Mulia di jln. Kaliabang Desa Pejuang km. 27 Bekasi.

Posisi saya waktu itu ditempatkan dibagian Administrasi Produksi. Dibagian itu saya berkenalan dengan staff produksi seperti Mbak Letty, Mas Hendra, Pak Yong, Pak David dan Pak Sosiawan selaku Kepala Bagian Produksi. Banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan Kerja Praktek ini salah satunya pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja.

Berikut ini tabel kegiatan kerja selama Kerja Praktek.
Keterangan Kegiatan :
  • Pengenalan Divisi
Kegiatan dimulai penempatan bagian kerja praktek yaitu di divisi administrasi produksi dan perkenalan kepada Kepala Bagian Produksi beserta staff dan dimulai dengan penjelasan singkat mengenai bagian dan proses produksi (entry, procces, exit) serta dokumen – dokumen terkait. Selain itu, penulis mempelajari sistem aplikasi TIM yang digunakan untuk meng-input hasil produksi.
  • Mempelajari arsip administrasi produksi
Saya arsip – arsip administrasi produksi seperti laporan persediaan pemakaian bahan baku pembantu utama dan laporan bulanan shearing dan packing.
  • Mempelajari  program produksi
Saya mempelajari memo produksi dari bagian PPIC (Production Planning Inventory Control) untuk membuat program produksi.
  • Mengecek kesesuaian LHI dengan Lap. SPV
Saya membantu mengecek kesesuian antara laporan harian inspeksi (LHI) dengan laporan supervisor sebelum pada akhirnya dicatat admin pada laporan bulanan dan di input ke system.
  • Mencatat manual laporan
Saya diberi kesempatan mencatat secara manual laporan harian persediaan pemakaian bahan baku pembantu utama dan juga mencatat laporan bulanan shearing packing.
  • Mempelajari prosedur administrasi  produksi
Saya mempelajari prosedur administrasi produksi yang berlaku
  • Wawancara staff
Saya melakukan wawancara terhadap karyawan atau staff produksi mengenai pelaksanaan administrasi produksi yang berjalan. Selain itu, wawancara juga dilakukan kepada staff PT. TIM yang sudah lama bekerja dan Kagab. Gudang mengenai sejarah berdirinya perusahaan.
  • Mengecek daftar bahan baku CRC
Saya membantu dalam mengecek daftar CRC yang diberikan PPIC (Production Planning Inventory Control) untuk disesuaikan dengan orderan dan hasil jadi produksi.
  • Laporan gangguan produksi
Saya membantu mencatat laporan gangguan pada produksi
  • Mengumpulkan  data
Pengumpulan data – data pendukung yang diperlukan (program produksi, jadwal produksi, dll)Hari terakhir kerja praktek, saya membantu membuat ringkasan hasil produksi.

0 komentar:

Poskan Komentar