Kamis, 27 November 2014

SOAL DAN JAWABAN MANAJEMEN OPERASIONAL



Soal dan jawaban
1.       Jelaskan defenisi Perencanaan produksi, Perintah kerja dan Job Lot Shop
Jawab :
·         Perencanaan produksi (Production Planning) adalah salah satu dari berbagai macam bentuk perencanaan yaitu suatu kegiatan pendahuluan atas proses produksi yang akan dilaksanakan dalam usaha mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Perencanaan produksi sangat erat kaitannya dengan pengendalian persediaan sehingga sebagian besar perusahaan manufacture menempatkan fungsi perencanaan dan pengendalian persediaan dalam satu kesatuan.
·         Job Lot Shop adalah perusahaan yang akan berproduksi atau pesanan yang masuk dalam perusahaan.
·         Perintah kerja adalah Instruksi / tata tertib yang harus dipatuhi agar tercapai suatu totalitas kerja sehingga menghasilkan proses produksi yang sinergis dan berkelanjutan.

2.       Saat ini adalah era globalisasi dan perdagangan bebas, bagaimana usaha dan upaya yang harus dilakukan oleh para produsen di Indonesia khususnya di bidang operasi agar mampu memenangkan persaingan baik di pasar dalam negeri maupun di luar negeri. Strategi dan peran apakah yang dapat dimainkan bidang operasi dalam menghadapi era globalisasi tersebut?
Jawab : Frohman (1985) mengemukakan bahwa tekhnologi mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Pada kenyataannya, perencanaan tekhnologi modern perlu pertimbangam-pertimbangan yang cermat mencakup (Ravianto, 1985):
  • Pemilihan tekhnologi yang tepat dengan kapasitas yang tidak berlebihan atau tidak terlalu usang.
  • Diperlukan dana yang dsangat besar.
  • Tenaga kerja dan manajemen yang sangat terampil.
  • Sistem distribusi dan pemasaran yang lebih luas.
  • Akses terhadap peencemaran lingkungan.

Menurut Kanter (1995) di era globalisasi inovasi menjadi sebuah keharusan untuk di ikuti. Inovasi merupakan sistem aktifitas organisasi yang mentransfer tekhnologi mulai dari ide sampai komersialisasi. Secara spesifik ada tiga tipe organisasi (Samson, 1989) yaitu inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi sistem manajerial. Salah satu alasan mengapa inovasi sangat diperlukan adalah cepatnya perubahan lingkungan bisnis yaitu semakin dinamik dan hostile. Menurut Saleh dan Wang (1993) 3 kunci sukses suatu organisasi untuk melakukan inovasi secara efektif, yaitu :
  • Intrepenueral startegis yaitu berani mengambil resiko, melakukan pendekatan bisnis yang proaktif, dan komitmen manajemen.
  • Struktur organisasi yaitu dengan struktur yang lebih fleksibel, adanya disiplin interfungsional, dan orientasi pada tim kerja lintas fungsional.
  • Iklim organisasi yaitu iklim yang promotif dan terbuka, kekuatan dan kekuasaan dalam organisasi disebarkan tidak terpusat pada jenjang atas, dan memberikan sistem imbalan yang efektif.

3.       Dapatkah operasi pabrik maupun jasa dikembangkan sehingga menjadi salah satu cara untuk berkompetisi di pasar internasional?Beberapa alasan perlu mengadopsi teknologi untuk mencapai tujuan perusahaan yang terkait dengan proritas kompetitif, antara lain;
·         Biaya (cost)
Perusahaan pada umumnya bertujuan untuk mengurangi biaya produk dan jasa yang memungkinkan perusahaan membuat profit yang lebih besar dan mencapai harga yang lebih rendah untuk meningkatkan volume penjualan. Aplikasi tekhnologi perusahaan dapat menurunkan biaya dengan cara menurunkan biaya material, tenaga kerja, biaya distribusi. Mis; melalui aplikasi tekhnologi waktu yang diperlukan tenaga kerja untuk memproduksi suatu produk dapat diturunkan sehingga biaya tenaga kerja dapat dikiurangi.
·         Qualitas (quality)
Aplikasi tekhnologi bermanfaat bagi perusahaan untuk mendpatkan kualitas produk, dan meningkatkan volumesuccesive innovation dengan cara meminimalkan kerusakan produk dan jasa dan eliminasi sumber daya terbuang (waste resources).
·         Fleksibilitas (flexsibelity)
Aplikasi tekhnologi bermanfaat untuk meningkatkan variasi produk dan pencapaian exstensive costomization. Untuk memperoleh peningkatan pangsa pasar dalam lingkungan kompetitif, perusahaan harus lebih fleksibel dalam operasi dan memuaskan segmen pasar, sehingga aplikasi tekhnologi dapat mendukung pencapaian tujuan fleksibilitas perusahaan.
·         Pengiriman (delivery)
Tekhnologi mendukung terciptanya kecepatan pengiriman yang diukur melaui lead time (waktu tunggu) yang diperlukan. Aplikasi EDI (electronical data interchange) dan mesin fax secara otomatis dapat menurunkan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan informasi dari satu lokasi kelokasi lainnnya.dan mnurunkan waktu tunggu melaui pelayanan dan operasi.

0 komentar:

Poskan Komentar